Lima Hal Penting yang Perlu Diketahui dari Label Perawatan Pakaian

Selasa, 13 November 2018 - 09:29 WIB
Lima Hal Penting yang Perlu Diketahui dari Label Perawatan Pakaian
Lima Hal Penting yang Perlu Diketahui dari Label Perawatan Pakaian
A A A
JAKARTA - Hampir di setiap pakaian yang kita beli biasanya terdapat penanda dan pembeda pada labelnya. Produsen atau perancang pakaian sengaja memberikan keterangan pada label yang melekat di balik pakaian yang kita beli atau terpampang rapi di toko pakaian.

Kebanyakan para pembeli kurang memperhatikan hal tersebut, mereka lebih sering hanya melihat logo dan merek saat membeli pakaian. Padahal pada label, tertera keterangan jenis bahan pakaian dan petunjuk untuk merawatnya dengan benar.

Label untuk merawat pakaian yang kita beli memang sengaja disematkan agar kita tahu cara membersihkan pakaian sesuai dengan jenis bahan serta ornamen tambahan yang melekat.

"Setiap pakaian memiliki penanganan unik sehingga penggunaan metode pembersihan yang salah berakibat fatal pada kualitas dan ketahanan dari pakaian," terang Direktur Pressto Laundry Indonesia, Regiana Widjaja dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews.

Melalui Regiana, Pressto Indonesia, yang merupakan penyedia layanan laundry dan dry cleaning premium di Jakarta, mencoba untuk berbagi informasi bagaimana cara melakukan pembersihan pakaian sesuai label perawatannya.

1. Tidak semua pencucian pakaian membutuhkan media air
Pada label perawatan, Anda dapat melihat media pembersihan pakaian dengan menggunakan air atau tanpa air. "Tidak semua bahan dapat dicuci dengan media air, contohnya bahan suede, sutera, dan wol. Ketika air bukan menjadi media pencucian yang disarankan, dry-cleaning dengan bahan kimia pengganti air seperti solvent merupakan solusi terbaik," ucap Regiana.

Oleh karenanya, jangan sembarangan mencuci pakaian Anda dengan air tanpa memperhatikan label perawatannya untuk menghindari kerusakan atau menurunnya kualitas pakaian kesayangan Anda.

2. Ikutilah petunjuk pengaturan suhu dan bahan pembersih
Ketika mencuci pakaian Anda, pastikan suhu air sesuai dengan yang tertera pada label perawatan untuk menghindari penyusutan dan luntur. "Pakaian berbahan halus umumnya dicuci dengan air bersuhu normal atau dingin, tapi untuk jenis pakaian berwarna putih atau dengan noda yang membandel, suhu panas sangatlah ideal," terang Regiana.

Seperti halnya suhu air, bahan pembersih seperti deterjen atau pemutih juga tidak bisa sembarangan digunakan. "Pastikan Anda memeriksa suhu yang disarankan pada label perawatan," tegasnya.

3. Mesin cuci banyak jenisnya
Mesin cuci adalah alat paling mudah dan praktis yang membantu persoalan laundry Anda. Namun, tidak semua pakaian dapat dicuci dengan semua jenis mesin cuci. Alih-alih bersih, kesalahan pencucian dengan mesin cuci dapat merusak keindahan pakaian Anda. Regiana pun memaparkan jika di Pressto, umumnya akan dilakukan pembersihan pakaian dengan ornamen tambahan, terutama gaun pernikahan, dengan metode program khusus yang ada di mesin cuci yang dimiliki.

"Ornamen-ornamen yang melekat pada pakaian berisiko rusak atau hilang ketika dicuci dengan program mesin cuci yang salah karena kecepatan dan suhu di dalam mesin mempengaruhi prosesnya," lanjut Regiana.

Faktanya, di dunia laundry, jenis program mesin cuci pun menentukan jenis pakaian apa yang dapat diproses, dan label pencucian adalah sumber informasi terbaik untuk menentukan hal ini.

4. Periksalah tata cara pengeringan pakaian
Anda juga dapat mendapatkan informasi tentang cara mengeringkan pakaian pada label perawatan. Ada beberapa pakaian yang tidak boleh diperas atau dikeringkan dengan mesin cuci. Suhu pun akan memberikan dampak tersendiri dalam proses pengeringan. Jika label perawatan menyarankan untuk mengeringkan manual, ikutilah. Contohnya bahan wol pada sweater, pengeringan menggunakan gantungan baju dapat merusak bentuk dari sweater tersebut, jadi lebih baik diletakkan di permukaan yang datar.

5. Perhatikan suhu yang disarankan saat menyetrika
Proses menyetrika adalah hal paling penting sebelum menyimpan pakaian Anda dan membuat penampilan pakaian lebih rapi. Namun, tidak semua pakaian dapat atau sulit disetrika, contohnya korduroi dan bahan kebaya. Label perawatan juga akan memberitahu Anda mengenai suhu dan jenis setrika, baik setrika kering atau setrika uap.

Laundry bukan suatu kegiatan yang mudah. Sebagai pembeli yang cerdas, kita harus tahu bagaimana cara merawat pakaian yang kita beli karena setiap pakaian membutuhkan penanganan spesial. "Kami percaya bahwa setiap pakaian memiliki kisahnya sendiri. Kelanjutan kisah pakaian dengan Anda ditentukan dari perawatan yang diberikan," pungkas Regiana.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4418 seconds (0.1#10.140)